Selamat Datang

catatan yang saya buat adalah ungkapan hati

Selasa, 09 Agustus 2016

MP ASI Minggu Pertama


RESEP DAN JADWAL MENU TUNGGAL MP (MAKANAN PENDAMPING) ASI 
SATU MINGGU PERTAMA BAYI 6 BULAN 
-Part 1-



Alesha lahir pada tanggal 2 Februari 2016 dan sekarang sudah berusia 6 bulan. Menurut rekomendasi WHO, 6 bulan merupakan saat yang tepat bayi untuk memperoleh makanan tambahan/ makanan pendamping ASI.

Untuk 2 minggu pertama pemberian MP ASI hanya diberikan 1-2 kali, dengan takaran 2 sdm (30ml). MP ASI 2 minggu pertama yang diberikan berupa puree/bubur halus dengan tekstur semi  kental. kekentalan dilihat dari  makanan yang tidak langsung tumpah mengucur ketika sendok dimiringkan/ jatuhnya perlahan. 

Untuk variasi jenis makanan yang diberikanpun sejak awal harus sudah bervariasi (karbohidrat/ protein hewani/ protein nabati/ sumber serat dan vitamin dari aneka sayuran dan buah, serta sumber lemak tambahan (minyak/mentega/margarin/santan). MP-ASI yang baik adalah mp asi yang kaya energi, protein, mikronutrien yang meliputi zat besi, zinc, kalsium, yodium, vitamin A, vitamin C dll, mudah dimakan anak, disukai anak, berasal dari bahan makanan lokal dan utama di tempat kita tinggal, terjangkau, dan mudah disiapkan. untuk 2 minggu pertama yang disajikan masih menu tunggal.
jika  memiliki keturunan riwayat alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya menunggu 2-3 hari saat mengenalkan makanan baru,  pada umumnya makanan yang memicu alergi : telur, ikan laut, kacang-kacangan, buah-buahan golongan berry, tomat, jeruk dan jambu biji. 

Dalam memberikan MP ASI orang tua harus memberikan suasana yang menyenangkan dan tentunya dnegan menjaga kebersihan/ higenis. Membuat masakan MP ASi gampang, cepat, dan tidak sesulit membuat masakan rendang.

Untuk mempermudah mempersiapkan bahan-bahan yang harus saya beli, maka saya membuat jadwal


belanja sesuai kebutuhan, untuk mempermudah saya belanja bahan-bahan untuk beberapa hari


 tak lupa mempersiapkan peralatan tempurnya 















*Note: beberapa gambar dan tulisan diambil dari berbagai sumber.

Aku bukan orang yang pandai masak, bukan ahli tentang perBayi-an... aku hanya belajar   menjadi ibu yang baik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar